5 Tips Pertama Kali Traveling ke Hong Kong Untuk Para Backpacker

5 Tips Pertama Kali Traveling ke Hong Kong Untuk Para Backpacker – Kalau kamu mau traveling ke Hong Kong, rasanya sangat perlu banget untuk mencari informasi yang banyak dari beberapa grup Backpacker dunia ataupun Internasional di Facebook.

Karena disana banyak sekali informasi bermanfaat untuk kalian yang memiliki dana terbatas. Cekidot ya dibawah ini. Inilah hasil dari hunting mencari-cari informasi dari beberapa sumber. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kalian.

5 TIPS PERTAMA KALI TRAVELING KE HONG KONG UNTUK PARA BACKPACKER

5 Tips Pertama Kali Traveling ke Hong Kong Untuk Para Backpacker

  • Mata Uang

Sebelum berangkat ke Hong Kong kamu perlu menukarkan uang terlebih dulu. Ya iya dong masa kamu perlu menggunakan rupiah di negeri orang. Nah, mata uang yang digunakan di Hongkong adalah Dollar Hong Kong (HKD). Kursnya sih 1 HKD sekitar Rp 1.750. Nah kalau mau mampir ke Macau, kamu tidak perlu menukarkan ke mata uang Macanese Pataca (MOP). Namun ratenya lebih murah MOP dibandingkan dengan HKD.

Jadi ada yang saranin sih mendingan kalau mau ke Hongkong masuk melalui Macau dan pulangnya baru lewat Hong Kong. Nanti dari Macau tinggal menyebrang sekitar 45 menit menggunakan kapal Feri dengan biaya sekitar Rp 250.000.

Berapa banyak yang perlu di bawah? Ini tergantung sih dengan berapa lama kamu di Hong Kong, makanan yang kamu beli dan hostel yang kamu pilih. Beberapa backpacker ada yang kasih saran bawa aja sekitar 3-4 juta (ditukarkan dulu ke HKD ya). Rata-rata untuk makan, jalan-jalan dan lain-lainnya kurang lebih dari satu hari untuk sendirian itu bisa habis sekitar RP 300 ribuan.

  • Sim Card dan Kartu Octopus

Setelah tiba di Hong Kong sebaiknya tunda dulu beli SIM Card ya. Soalnya harga SIM Card di Bandara lebih mahal dibandingkan dengan membelinya di pusat kota. Bahkan di beberapa hostel dan hotel sekitar Tsim Sha Tsui bisa dapet lebih murah dibandingkan dengan membeli di Bandara. Bahkan ada juga loh SIM Card asal Indonesia di Hong Kong. Harganya mulai dari 88 HKD sampai 50 HKD. Cuma katanya lebih bagus beli di vending machine aja agar ketahuan kecepatan dan kadaluwarsanya.

  • Penginapan Murah di Hong Kong

Nah, untuk masalah penginapan kamu perlu mempersiapkan metal deh. Sarannya sih cari yang berada di tengah kota agar dekat dengan MRT dan angkutan umum lainnya. Yang paling ramai sih daerah Tsim Sha Tsui seperti Mirador Mansion. Cuma bayangan hotel di Indonesia itu beda banget sama bayangan hotel di Hong Kong. Kamarnya sempit di lantai yang cukup tinggi dengan fasilitas yang terbatas. Itu kalau mau yang murah di bawah Rp 300 ribuan. Tapi kalau di pusat kota enaknya dekat dengan tempat belanja murah.

  • Itinerary ke Hongkong

Untuk itinerary di Hong Kong balik lagi ke selera traveling masing-masing. Namun ada beberapa 10 tempat wisata terpopuler di Hong Kong yang wajib di kunjungi:

  1. The Peak
  2. Hong Kong Disneyland
  3. Ladies’ Market
  4. Ocean Park Hong Kong
  5. Clock Tower
  6. Tsim Sha Tsui Promenade
  7. Golden Bauhinia Square
  8. Lan Kwai Fong
  9. Avenue of Stars

Dari ke-10 tempat wisata di Hong Kong itu ada yang gratis dan ada juga yang tiketnya mahal seperti ke Disneyland dan Ocean Park. Kalau mau cari tempat wisata gratis di Hong Kong sudah banyak kok yang mengulas tempatnya apa saja dan makanan khas apa saja yang wajib di Hong Kong.

  • Koper atau Backpack

Nah, kalau ini sih tergantung kebutuhan saja. Kalau kamu bawa keluarga lebih baik membawa koper aja yang bisa dibawa masuk ke kabin atau membayar bagasi lebih. Kalau mau simpel dan langsung bisa jalan ya bawa backpack aja. Apalagi kalau solo traveling.

Yang terpenting adalah kamu butuh adaptor dengan kaki tiga. Soalnya colokan di Hong Kong sama di Indonesia itu berbeda. Harganya murah kok di toko listrik. Kalau kamu membawa banyak perlatan elektronik seperti handphone, power bank dan kamera bawa juga terminalnya agar bisa dicolok berbarengan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*