7 Etika Berwisata Saat Kamu Pergi Liburan

7 Etika Berwisata Saat Kamu Pergi Liburan

7 Etika Berwisata Saat Kamu Pergi Liburan , Liburan merupakan salah satu cara terbaik untuk melepas penat setelah melakukan banyak kegiatan dan tidak dapat dipungkiri bahwa tempat wisata alam adalah pilihan terbaik.

Nah, oleh karena itu kita sebagai turis wajib menjunjung tinggi etika serta sopan santun saat berwisata apalagi ke tempat wisata alam seperti pantai, pegunungan, sungai hutan dan lain sebagainya. Maka dari itulah sebagai generasi muda kita perlu menerapkan etika berwisata berikut ini!

  • Membuang Sampah pada Tempatnya

Membuang sampah pada tempatnya merupakan hal paling mendasar dan telah diajarkan sejak kecil. Meskipun tetap saja masih sangat banyak yang tidak mematuhi peraturan ini. Dan apabila di tempat wisata yang kamu kunjungi tidak ada tempat sampahnya, kamu bisa menyimpan sementara sampah tersebut di tas ataupun kantung pakaian dan lebih baik apabila kamu memisahkan jenis sampah yang ingin dibuang. Hal ini sangatlah sederhana namun mempunyai dampak yang sangat besar bagi lingkungan serta kelestarian alam di tempat kamu berlibur.

  • Hargai dan Hormati Makhluk Hidup Lain

Hal ini sangatlah penting disaat kamu berlibur ke tempat wisata alam. Karena, bukan hanya kamu saja yang ada disana, tetapi banyak juga hewan dan tumbuhan liar yang berhabitat di lingkungan wisata. Jangan sekali-kali kamu merusak habitat makhluk hidup lain saat kamu berwisata dan jangan menganggu hewan dan merusak tanaman yang ada di tempat wisata tersebut. Hargai dan sayangi mereka agar liburan lebih bermakna.

  • Mengurangi Sampah Plastik

Kembali lagi ke permasalahan sampah, sebagai wisatawan yang beretika dan menjungjung tinggi kebersihan lingkungan kamu harus mengurangi pemakaian plastik. Contoh paling gampang adalah dengan berhenti atau mengurangi pemakaian sedotan plastk dan kantong plastik, kedengarannya cukup mudah tetapi hal ini cukup sulit dilakukan karena sudah menjadi kebiasaan tetapi jika ada niat yang kuat untuk menjaga lingkungan, kamu pasti bisa melakukannya!

  • Bersikap Ramah, Sopan dan Hormati Penduduk Lokal

Ketika kamu berlibur cobalah untuk selalu bersikap sopan dan ramah dengan penduduk lokal. Penduduk lokal disini bukan hanya manusia saja, tetapi juga hewan dan tumbuhan yang tersebar di tempat kamu berlibur. Dan kemungkinan besar jika kamu menerapkan sifat ini saat berlibur, penduduk lokal juga pasti akan melakukan hal yang sama seperti yang kamu lakukan.

  • Bukan hanya itu, hormati juga Budaya Lokalnya

Menghormati budaya lokal merupakan suatu bentuk apresiasi yang bisa kamu berikan kepada penduduk dan tempat kamu berlibur meskipun budaya di daerah kamu jauh berbeda dengan budaya tempat kamu berlibur. Nah, disini cobalah untuk tidak mengganggu dan mengejek budaya mereka karena bisa saja kamu terkena masalah.

  • Patuhi Peraturan yang Ada

Kamu harus mematuhi peraturan tertulis dan juga peraturan tidak tertulis di tempat kamu berwisata. Mematuhi peraturan yang berlaku di daerah tempat kamu berwisata merupakan sebuah tindakan yang perlu diapresiasi, karena kamu telah menghargai dan menghormati lingkungan serta penduduk lokal di tempat kamu berlibur.

  • Bijaklah Dalam Menggunakan Layanan

Saat kamu berlibur ada baiknya jika kamu bijak dalam menggunakanan layanan yang tersedia, misalnya jika kamu menginap di penginapan sebaiknya kamu menghemat air dan listrik. Jangan berpikir karena kamu telah membayar jadi bisa bebas menggunakan fasilitas yang ada, ada baiknya kamu memikirkan dampak buruk pada lingkungan yang bisa saja disebabkan oleh fasilitas yang kamu gunakan.

Itulah ketujuh etika berwisata yang bisa kamu terapkan saat berlibur. Mungkin terasa sulit menjalaninya jika tidak biasa tetapi kalau ada niat yang kuat pasti kamu bisa menerapkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*