Tips Menyewa Kendaraan Saat Berwisata

Tips Menyewa Kendaraan Saat Berwisata

Akomodasi saat liburan sangatlah penting untuk dipersiapkan. Termasuk pula urusan transportasi di tempat wisata. Tips menyewa kendaraan saat berwisata akan berguna bagi traveller yang bingung mencari kendaraan untuk mengakses tempat wisata.

Dengan menewa kendaraan maka traveller tidak perlu lama menunggu kendaraan umum. Anda bisa langsung ke tempat tujuan dengan lebih cepat hingga lebih efisien waktu. Jenis kendaraan pun bisa dipilih berdasarkan kebutuhan. Ada mobil dan motor yang biasanya jadi kendaraan sewa saat di tempat wisata.

Tips Menyewa Kendaraan Saat Berwisata

Sebelum menyewa kendaraan baik mobil ataupun motor, maka anda harus memperhatikan beberapa tips berikut ini dulu. Karena sebenarnya, menggunakan kendaraan dengan sistem sewa ini juga mengandung resiko tersendiri. Terapkan tips ini saat menyewa kendaraan, khususnya mobil untuk liburan agar lebih nyaman:

  • Pastikan memiliki SIM => Jika ingin menyewa kendaraan dengan lepas kunci, maka syarat pertama yang harus dimiliki adalah SIM (Surat Izin Mengemudi). Hal ini juga menjadi syarat untuk menyewa kendaraan baik mobil ataupun motor yang wajib dimiliki.
  • Rencanakan jalur mengemudi => Tips ini membantu agar perjalanan lebih efektif dan efisien. Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk mencari rute jika dari awal sudah dipersiapkan lebih dulu. Kecuali jika ingin berpetualangan di kota yang dikunjungi, maka menjelajah di jalanan kota asing bisa jadi pengalaman seru.
  • Ketahui Asuransi => Pastikan menyewa mobil yang memiliki asuransi. Keuntungannya adalah penyewa tidak akan dikenai ganti rugi jika mobil mengalami kerusakan.
  • Pahami juga aturan di jalan => Autran di jalan setiap tempat dan negara berbeda. Maka pahamilah terlebih dulu. Caranya dapat ditanyakan kepada warga setempat atau pada tempat persewaan kendaraan.

Sementara itu, jika ingin menyewa kendaraan berupa sepeda motor. Maka butuh lebih banyak pertimbangan. Kendaraan ini cenderung lebih beresiko daripada mobil dalam hal keamanan. Namun bukan berarti menggunakan motor untuk transportasi tidaklah seru.

Untuk tips menyewa motor yang pertama adalah anda harus memstikan bahwa kendaraan masih prima dan layak digunakan. Lalu carilah tempat rental yang baik. Persiapkan pula identitas diri dan SIM. Selanjutnya tentukan kemana tujuan petualangan anda. Ada baiknya untuk menanyakan rute termudah menuju tempat tersebut kepada pihak rental. Pastikan pula motor tersebut dilengkapi jas hujan.

Beberapa tips di atas akan membantu pengalaman berlibur anda menjadi lebih aman dan nyaman. Perhatikan pula di negara mana anda akan melakukan travelling. Jika memungkinkan, maka gunakanlah SIM Internasional. Dengan demikian, maka anda bisa bebas berpetualang di jalanan negara asing yang berkesan.

Cara Memilih Tempat Persewaan Kendaraan

Di tempat wisata ini akan dijumpai banyak sekali persewaaan kendaraan baik mobil maupun motor. Dari semua yang ada, maka pilihlah yang terbaik dengan memperhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Tempat rental harus terpercaya => Pastikan tempat sewa kendaraan sudah mendapatkan review yang baik dari pemakainya. Tanyakan juga pada warga sekitar untuk memastikannya, atau mintalah rekomendasi sewa kendaraan terbaik.
  • Lihatlah testimoni pelanggan => Cara melihatnya adalah melalui media sosial maupun website rental motor dan mobil.
  • Lihat fasilitas yang diberikan => Untuk sepeda motor, umumnya fasilitas yang ada adalah jas hujan dan helm. Mintalah dua buah untuk masing-masing item tersebut.
  • Kendaraan prima dan terawat => Inilah hal paling wajib yang perlu diperhatikan sebelum menyewa mobil dan motor. Jangan sampai kendaraan mogok di tengah jalan karena bisa merusak agenda liburan.

Itulah beberapa tips menyewa kendaraan saat berwisata baik mobil maupun motor. Pilihkan tempat rental terbaik akan memberikan pengalaman wisata yang aman dan juga nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*